Panduan Nutrisi Ibu Hamil

 

Ibu pasti memiliki banyak pertanyaan penting seputar nutrisi yang baik pada masa prenatal

 

Karena itu, kami telah membuat daftar beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan mengenai kebutuhan gizi dasar pada masa kehamilan. Kebutuhan gizi atau asupan nutrisi ibu hamil wajib dicukupi karena kebutuhan nutrisi ibu saat hamil juiga mempengaruhi tumbuh kembang janin.

Q: Perlukah mengonsumsi vitamin tambahan saat hamil?

 

A: Si kecil membutuhkan lebih dari sekedar tempat berlindung di dalam perut. Baik ibu maupun si kecil membutuhkan berbagai nutrisi, meliputi asam folat (folic acid), zat besi, zinc, dan kalsium. Si kecil juga akan terus menyerap segala nutrisi yang dibutuhkan, yang memungkinkan ibu mengalami kekurangan. Kebanyakan dokter menyarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin kehamilan, bahkan sebelum masa kehamilan.

Q: Apakah asupan vitamin A yang terlalu banyak tidak baik?

 

A: Ya. Vitamin A memang dibutuhkan, tapi jika terlalu banyak malah dapat menjadi racun. Konsumsi 550 mcg vitamin A setiap harinya selama masa kehamilan, sementara mengonsumsi lebih dari 3000 mcg per hari saat hamil dapat meningkatkan risiko cacat lahir. Pastikan pola makan yang seimbang, dan asupan multivitamin harian tidak mengandung vitamin A berlebih. Hubungi dokter untuk mendapat informasi lebih lanjut.

Q: Saya vegetarian. Bagaimana saya dapat memastikan si kecil mendapatkan nutrisi yang tepat selama kehamilan?

 

A: Ibu harus memastikan sudah mendapatkan asupan protein, vitamin D, B12, dan kalsium yang cukup. Ibu juga bisa meminta suplemen vitamin pada dokter.

Q: Apa itu diabetes gestasional?

 

A: Diabetes gestasional adalah ketika wanita hamil mengalami diabetes (dengan kadar gula darah tinggi) pada masa kehamilan, meskipun belum pernah menderita diabetes sebelumnya. Hal ini berisiko untuk meningkatkan kadar gula darah Ibu dan terjadinya komplikasi kehamilan.

Q: Bagaimana cara mengurangi risiko terjadinya diabetes gestasional?

 

A: Dengan mengatur pola makan dengan seksama, melakukan olahraga ringan, dan tentunya konsultasi teratur dengan dokter.

Q: Pada dua trimester terakhir kehamilan, apakah dibutuhkan asupan protein yang lebih banyak lagi?

 

A: Benar sekali. Pada masa ini, dibutuhkan minimal 25 g protein setiap harinya. Untuk ibu vegetarian, dapat mengonsumsi kacang-kacangan dan nasi, untuk mendapatkan asupan asam amino esensial yang dibutuhkan.

Q: Apakah si kecil dalam kandungan mengambil alih asupan nutrisi dasar yang saya butuhkan?

 

A: Ya. Baik pada masa kehamilan maupun saat menyusui, si kecil akan selalu berusaha mencari nutrisi yang dibutuhkannya, bahkan ketika itu bisa membuat ibu jadi kekurangan. Maka jika ibu tidak mendapatkan asupan nutrisi yang baik, maka si kecil juga akan mengalami kekurangan nutrisi. Ibu dapat mencegahnya dengan menjaga pola makan seimbang yang kaya nutrisi, dilengkapi dengan suplemen vitamin jika diperlukan.

Jika Ibu memerlukan informasi lebih lanjut, Ibu bisa langsung klik disini "konsultasi gratis dengan tim ahli kami".