Mengapa DHA di masa kehamilan sangat penting untuk perkembangan otak  si Kecil?

 

Tahukah Ibu, Otak si Kecil mulai berkembang sesaat setelah terjadinya konsepsi? Ibu dapat membantu mengoptimalkan perkembangan otak si Kecil dengan mengonsumsi DHA yang sangat penting untuk otaknya.

DHA adalah singkatan dari docosahexaenoic acid, merupakan asam lemak omega-3. Ini merupakan sumber nutrisi terbaik yang mendukung pembentukan perkembangan otak, mata dan sistem saraf pusat si Kecil.

Mengonsumsi DHA di masa kehamilan tidak hanya membantu si kecil meraih pertumbuhan di masa depan seperti merangkak, berjalan tetapi dapat juga mendukung perkembangan kognitif si kecil yang terjadi saat ibu hamil 11 minggu. Dikarenakan pada saat ibu hamil usia 11 minggu  korteks otak besar si kecil kini sudah mulai membentuk jaringan. Bagian otak ini memiliki fungsi seperti berbahasa dan memproses informasi.

Selain itu, Ibu sebaiknya melanjutkan dukungan Ibu untuk perkembangan kognitif si Kecil hingga ia telah lahir. Ibu dapat memberikan si Kecil awal terbaik pada hidupnya dengan memberikannya asupan nutrisi dengan kadar DHA yang tepat.

Berapa banyak DHA yang harus Ibu dan si Kecil konsumsi setiap harinya?

 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan Ibu mengonsumsi setidaknya 200 milligram DHA setiap harinya selama masa kehamilan untuk menunjang perkembangan fungsi otak bayi serta pertumbuhannya. Nutrisi yang seimbang dapat mendukung kemampuan memori, daya konsentrasi dan memecahkan masalah. 

Sumber-sumber DHA yang baik untuk Ibu dan si Kecil

 

  • Ikan berlemak tinggi, seperti salmon, sarden dan ikan tenggiri sangat baik untuk otak dan sangat mudah untuk dihidangan sebagai makanan yang enak! Makan setidaknya dua porsi makanan dengan ikan berlemak yang kaya akan DHA ini setiap minggunya untuk memastikan Ibu dan si Kecil mendapatkan cukup nutrisi untuk otak.

  • Produk yang sudah terfortifikasi DHA – seperti telur, susu dan roti

Ingin tahu lebih banyak? Ibu bisa langsung mendaftar di Enfa Club untuk mendapatkan artikel terbaru serta tips bermanfaat gratis lainnya yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!