Skip to main content

Tips Pola Makan Sehat untuk Ibu Hamil

Tips Pola Makan Sehat untuk Ibu Hamil

Mungkin A+ Moms penasaran, apakah keinginan makan (ngidam) saat hamil itu normal? Atau mungkin A+ Moms selalu mengecek label makanan untuk memastikan keamanannya? A+ Moms tidak perlu menambah porsi makan, meskipun jika A+ Moms sedang mengandung, asupan kalori pasti akan sedikit meningkat, karena A+ Moms membutuhkan energi dan nutrisi ekstra untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil.

A+ Moms mungkin bertanya-tanya, “dari mana kenaikan berat badan ini?” Mari kita bahas bersama, katakan berat badan A+ Moms naik hingga 11 kg selama masa kehamilan, yang artinya jauh lebih berat dibandingkan berat si Kecil saat baru lahir. Namun, sisa berat badan tersebut akan terdistribusi ke bagian tubuh lain, misalnya rahim, payudara, dan plasenta yang membesar.

Dari mana A+ Moms Mendapatkan Nutrisi Penting di Masa Kehamilan

Makanan yang A+ Moms konsumsi tidak hanya memberi nutrisi untuk tubuh, tapi juga ke si Kecil dalam kandungan. Bahkan faktanya, banyak bukti yang menunjukkan bahwa makanan yang A+ Moms konsumsi selama masa kehamilan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan si Kecil dalam kandungan. Oleh karena itu, memilih makanan yang kaya nutrisi sangat penting. A+ Moms harus ingat, “kualitas, bukan kuantitas” yang menjadi hal penting.

Pola makan yang mencakup buah-buahan, sayuran, protein, karbohidrat, dan produk susu adalah yang A+ Moms butuhkan. Hindari makanan ultra- proses, terlebih yang mengandung tinggi gula, garam, dan zat aditif yang biasanya ditemukan dalam makanan cepat saji. Makanan jenis tersebut dianggap meningkatkan risiko diabetes yang disebabkan kadar gula darah.

Jangan lupa membaca informasi gizi pada kemasan untuk mendapatkan informasi tentang jenis dan jumlah nutrisi yang terkandung, sebab A+ Moms perlu meningkatkan asupan nutrisi tertentu seperti Omega 3 (yang terdapat dalam  ikan berlemak seperti ikan makarel, sarden, dan tuna), zat besi, asam folat, dan vitamin D selama masa kehamilan. Pastikan juga untuk mengikuti asupan nutrisi harian yang yang direkomendasikan.

Susu untuk Ibu Hamil dan Menyusui seperti Enfamama yang mengandung nutrisi juga penting dibutuhkan untuk mendukung A+ Moms dan si Kecil dalam kandungan selama masa kehamilan, karena terkadang sulit untuk memastikan A+ Moms mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dan tepat, seperti Asam folat atau Omega 3 DHA hanya dari makanan saja.

Bagaimana Takaran Ideal dalam Sekali Makan?

Sebelum menyiapkan bahan-bahan makanan, pastikan A+ Moms membuat daftar makanan di dapur untuk memastikan jenis makanan apa yang harus dikonsumsi dan dihindari.

Buah dan Sayur

Makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Buah dan sayur dapat membantu menghindari atau meredakan sembelit yang biasanya menjadi gejala umum kehamilan. Pilih buah dan sayur yang segar, dan jika memungkinkan untuk meminimalisasi proses memasak untuk menjaga kandungan vitamin. Buah dalam kalengan, beku, atau kering juga bisa menjadi alternatif yang bagus. Jadi pastikan rak kulkas selalu terisi untuk memastikan A+ Moms mendapatkan setidaknya lima porsi dalam sehari.

Makanan berbasis karbohidrat

Sumber utama energi bagi tubuh, karbohidrat. Makanan berbasis karbohidrat, seperti pasta, roti, dan nasi sebaiknya mendapatkan sepertiga porsi dari total nutrisi dalam sekali makan. Jenis makanan ini membantu memberikan energi dan nutrisi yang sangat dibutuhkan A+ Moms di masa kehamilan. Gandum utuh dengan serat tinggi juga bisa menjadi alternatif untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan dan meringankan sembelit.

Protein

Daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, dan telur (yang dimasak atau diperoleh dari ayam yang sudah di vaksinasi dari salmonella) adalah sumber protein yang baik bagi A+ Moms, dan juga disarankan untuk memasukkan beberapa jenis makanan tersebut dalam pola makan setiap hari.

Namun, jika A+ Moms vegetarian atau vegan, asupan protein harian kamu tidak akan cukup. Disarankan untuk mengonsumsi kacang-kacangan atau konsultasi dengan Dokter jika membutuhkan suplemen prenatal. Hal yang sama juga berlaku untuk mendapatkan Omega 3 DHA yang cukup dalam pola makan, misalnya jika A+ Moms tidak mengonsumsi atau alergi ikan, bicaralah pada Dokter untuk mengonsumsi suplemen Omega 3.

Produk Susu

Makanan olahan dari susu, keju, dan yoghurt (mengandung bakteri hidup yang membantu menjaga kesehatan usus) penting selama masa kehamilan karena mengandung kalsium dan nutrisi lain yang A+ Moms dan si Kecil butuhkan.

Jika A+ Moms memiliki alergi susu atau laktosa intoleran dan lebih suka alternatif produk non-susu, pastikan memilih produk tanpa pemanis karena cenderung lebih baik untuk menjaga kadar gula darah yang sehat.

Lemak

Penting bagi A+ Moms untuk mengonsumsi sedikit lemak dalam pola makan, mengingat lemak mengandung energi yang tinggi. Namun, sebagai peringatan, konsumsi makanan yang mengandung lemak secara bijak, dan pilih lemak tak jenuh seperti minyak zaitun, karena lebih sehat dibandingkan minyak nabati (minyak jagung atau canola) yang kurang mengandung nutrisi.

Makanan yang Harus Dihindari oleh Ibu Hamil

Jenis-jenis daging mentah atau daging asap yang kemungkinan mengandung parasit sehingga menyebabkan infeksi berbahaya yang disebut toksoplasmosis. Selain itu, jika mengonsumsi daging yang dimasak, pastikan matang dan cairannya mengalir mengalir lancar.

  • Hati - Mengandung tinggi vitamin A yang berbahaya bagi janin.
  • Susu dan keju yang tidak dipasteurisasi - Mengandung listeria yang dapat menyebabkan infeksi bakteri bernama listeriosis.
  • Ikan pedang, marlin, hiu, dan kerang mentah - Mengandung tingkat merkuri tinggi yang dapat mempengaruhi janin. Juga disarankan untuk mengonsumsi ikan yang mengandung lemak Omega 3 DHA beberapa kali dalam seminggu, misalnya salmon, trout, atau makarel.

Bagaimana Mengendalikan Keinginan Makan (Ngidam) Selama Masa Kehamilan?

Keinginan makan atau dikenal ngidam, misalnya rujak atau makanan spesifik lainnya sangat umum terjadi selama masa kehamilan. Biasanya A+ Moms sangat ingin mengonsumsi makanan favorit, tetapi seringkali, mengidamkan makanan yang tidak terlalu disukai saat hamil.

Jika A+ Moms khawatir keinginan makan menyebabkan kekurangan nutrisi penting, konsultasikan dengan Dokter tentang cara meningkatkan asupan harian dengan resep makanan yang kaya nutrisi atau suplemen prenatal. Meskipun nutrisi dari makanan sehari-hari lebih baik, suplemen dapat memastikan A+ Moms mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, misalnya Omega 3 DHA untuk mendukung perkembangan otak si Kecil dalam kandungan, kalsium untuk perkembangan tulang, zat besi untuk sel darah merah yang sehat bagi keduanya, serta asam folat untuk membantu perkembangan tabung saraf si Kecil dalam kandungan.

Nutrisi yang Tepat Bagi A+ Moms Selama Masa Kehamilan

Selama masa kehamilan, menjaga diri sendiri dan pola makan lebih penting untuk kesehatan A+ Moms dan perkembangan si Kecil dalam kandungan. Setiap tahap kehamilan A+ Moms berada, kami di sini selalu mendukung.

Tips dan Pola Nutrisi untuk Trimester Kedua Kehamilan
Enfa-A-Store-mobile