Cara Menangani Mual di Pagi Hari untuk Ibu Hamil

Selama masa awal kehamilan, apakah A+ Moms merasa mual karena kopi atau tiba-tiba tidak tahan dengan aroma parfum? Kemungkinan ini adalah gejala mual di pagi hari atau dikenal morning sickness. Jika A+ Moms sering mengalaminya, yuk kita bahas bersama tips untuk menangani mual di pagi hari!

Apakah mual di pagi hari (Morning Sickness) sering terjadi?

Mual di pagi hari adalah salah satu tahap di masa kehamilan yang kurang menyenangkan. A+ Moms mungkin merasa mual tanpa muntah, atau bisa berujung pada muntah. Meskipun sering disebut morning sickness, namun mual di pagi hari bisa terjadi kapan saja.

Kenapa merasa mual saat hamil?

Salah satu penyebab rasa mual diperkirakan karena perubahan tingkat hormon dalam tubuh, termasuk peningkatan human chorionic gonadotropin (hCG) yang diproduksi oleh plasenta selama kehamilan untuk mendukung pertumbuhan janin. Tingkat hCG meningkat setelah konsepsi dan terus meningkat hingga sekitar 10 minggu masa kehamilan. Inilah alasan mengapa beberapa wanita merasakan mual berkurang saat memasuki akhir trimester pertama.

Di beberapa kasus, sejumlah A+ Moms pernah mengalami mual atau muntah, tapi yang lain bisa merasa mual atau muntah hingga trimester ketiga. Yang penting adalah menyadari bahwa setiap kehamilan berbeda: A+ Moms harus memahami tubuh masing-masing, jadi bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk beristirahat.

Separah apa mual di pagi hari?

Mual di pagi hari yang parah dapat berdampak negatif pada kesehatan, terutama jika A+ Moms sulit mencerna makanan atau cairan apa pun. Jika sampai muntah beberapa kali dalam sehari, sangat penting untuk segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Jika kondisinya parah, A+ Moms bisa saja didiagnosis dengan hyperemesis gravidarum, istilah medis untuk mual di pagi hari yang akut. Dalam kasus ini, dokter mungkin akan memberikan resep obat untuk membantu mengurangi mual tubuh dan masih bisa mendapatkan cairan dan nutrisi yang diperlukan untuk mendukung A+ Moms dan si Kecil yang sedang tumbuh.

Penanganan mual di pagi hari

Tidak ada aturan pasti tentang apa yang bisa membantu merasa lebih baik ketika mual. Namun, A+ Moms bisa mencoba beberapa tips berikut :

  • Pilih makanan yang tidak terlalu bercita rasa seperti roti panggang, nasi, dan pasta ketika A+ Moms merasa sangat mual, karena rasa yang sederhana lebih jarang memicu mual.
  • Makan sedikit tapi sering dapat membantu memberikan energi yang A+ Moms butuhkan tanpa memberatkan sistem pencernaan.
  • Tetap terhidrasi dengan mengonsumsi banyak cairan. A+ Moms juga bisa mencoba minum teh jahe ketika mual.
  • Kenakan pakaian longgar yang tidak membatasi perut. 
  • Hindari berbagai bau dan rasa yang membuat A+ Moms merasa mual.
  • Istirahat yang cukup. Mual seringkali disertai dengan gejala kehamilan awal yang umum, seperti rasa lelah yang ekstrem.

Bisakah mengkonsumsi susu kehamilan saat mengalami mual di pagi hari?

A+ Moms bisa terus mengonsumsi susu kehamilan seperti Enfamama A+, terutama yang mengandung asam folat yang direkomendasikan dan nutrisi penting lainnya seperti Vitamin D, Omega 3 DHA, dan Zat Besi dapat membantu memastikan tubuh A+ Moms mendapatkan apa yang dibutuhkan untuk mendukung selama masa kehamilan. A+ Moms bisa mengkonsumsi Enfamama A+ saat merasa tidak terlalu mual, bisa setelah makan sepotong roti panggang di pagi hari, setelah melakukan olahraga ringan, atau setelah bangun dari tidur siang.