Apa yang terjadi pada minggu ke-13 kehamilan Ibu?

  • Si Kecil panjangnya seukuran kacang panjang. Panjangnya kini mencapai sekitar 7,6 cm.

  • Jaringan tulang si Kecil mulai terbentuk Di lengan, kaki dan sekitar kepalanya.

  • Si Kecil mulai belajar berekspresi. Kini ia bisa menghisap jempol ke dalam mulutnya untuk menenangkan dirinya sendiri. Kini ia juga bisa menggunakan bibirnya untuk tersenyum dan sedih.

Bagaimana perkembangan otak si Kecil pada saat ibu hamil 13 minggu?

  • Struktur otak si Kecil yang disebut Corpus callosum terus berkembang di minggu ini. Bagian ini berfungsi untuk mencerna informasi antara otak kiri dan kanan.

  • Saat Corpus callosum terus berkembang hingga saat si Kecil sudah lahir, berikan ia nutrisi yang  meningkatkan kemampuan otak DHA, baik di saat dan sesudah kehamilan.

Keluhan kehamilan apa yang mungkin Ibu hadapi di minggu ke 13 ini?

Semakin meningkatnya jumlah estrogen dan progesteron pada tubuh dapat mempengaruh produksi lendir yang membuat hidung tersumbat. Ibu dapat menangani gangguan ini dengan tips kesehatan di bawah ini:

  • Gunakan penghangat pada wajah. Gunakan waslap hangat pada pipi, mata dan hidung Ibu beberapa kali untuk meredakan hidung tersumbat.

  • Letakan kepala di posisi lebih tinggi saat tidur dengan bantal ekstra di malam hari.

  • Minum banyak air mineral. Ini dapat mengencerkan lendir Ibu dan membantunya keluar lewat hidung Ibu.

Tips untuk Ibu di saat hamil 13 minggu

Disarankan untuk meminum air mineral dan menghindari minuman manis. Ibu akan butuh kalori lebih hingga 300 kalori setiap hari di tahap kehamilan ini, kalori ini sebaiknya terpenuhi dari makanan dan minuman sehat yang mengandung nutrisi penting seperti kolin dan kalsium.

Selain itu disarankan pula untuk mempelajari kalender kehamilan sehingga ibu dapat mengetahui perkembangan di janin saat ibu hamil. Pada kalender ini pula Enfa memberitahu para ibu tentang perkiraan panjang si kecil saat memasuki usia janin tertentu dan memberitahu cara mengatasi keluhan kehamilan. Dikarenakan setiap usia janin, ibu akan merasakan keluhan berbeda-beda. Di sini Enfa membantu ibu mengatasi berbagai macam keluhan tersebut.

Baca Juga : Bagaimana perkembangan janin ibu saat ia hamil usia 14 minggu

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!